Cara Mengatasi Demam Yang Tepat Agar Cepat Sembuh

Cara mengatasi demam, baik itu pada anak-anak ataupun orang dewasa sebenarnya tidaklah terlalu susah. Namun terkadang akibat panik, beberapa orang sering kali tidak bisa mengambil tindakan tepat yang semestinya dilakukan. Apalagi para orang tua, ketika melihat sang anak tiba-tiba mengalami demam maka mereka seakan bingung dan langsung terburu-buru membawa si kecil kedokter. Harapannya yaitu agar panas badan sang anak bisa langsung turun.

Sebenarnya kekhawatiran orang tua ketika melihat sang anak demam adalah sesuatu yang wajar tetapi usahakan agar jangan terlalu lebay didalam kondisi seperti ini. Perlu Anda ketahui, demam adalah suatu pertanda bahwa sistem imun didalam tubuh kita sedang bekerja melawan benda asing seperti virus, jamur atau bakteri yang masuk kedalam tubuh kita. Seharusnya kita bersyukur bahwa itu tandanya sistem imun didalam tubuh kita masih bekerja sangat bagus.



Pemberian obat hanya untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat demam tersebut seperti mual, batuk, tenggorokan nyeri, hidung tersumbat dan kedinginan. Jadi Anda tidak perlu terburu-buru langsung mengkonsumsi obat penurun panas.

Ada beberapa kondisi tertentu yang bisa menjadi patokan, apakah demam yang Anda alami perlu mendapatkan penanganan serius atau tidak. Hal ini bisa kita lihat dari suhu tubuh, coba Anda gunakan Thermometer atau alat ukur suhu tubuh. Apabila suhu tubuh Anda mencapai 37 derajat Celsius melalui pengukuran mulut maka bisa dikatakan Anda mengalami demam rendah. Anda tidak perlu repot-repot melakukan berbagai cara mengobati demam tersebut karena sebenarnya pada masa ini, demam bisa hilang dengan sendirinya. Ini merupakan cara alami tubuh didalam menghalau virus dan bakteri yang tidak dapat hidup pada suhu panas.

Nah, apabila suhu tubuh Anda mencapai 38 derajat Celcius maka pada masa ini demam perlu penanganan dan mengkonsumsi obat penurun panas. Namun apabila suhu tubuh Anda melebih 40 derajat Celcius maka itu bisa dikatakan Anda sedang demam tinggi. Segera minta bantuan medis karena apabila dibiarkan tanpa ada penanganan maka bisa berakibat fatal yaitu beresiko menyebabkan gangguan fungsi otak dan kejang-kejang, terutama pada anak-anak, bayi dan lansia.

Cara Mengatasi Demam


Baiklah jika pada saat ini kebetulan Anda sedang demam dan membaca artikel ini maka silahkan terapkan tips dibawah ini. Mudah-mudahan dengan mengaplikasikan tips ini maka bisa menurunkan panas demam Anda. Ada juga rekomendasi beberapa obat penurun panas yang dapat Anda gunakan.

- Hindari pakaian tebal karena bisa memicu kenaikan suhu, gunakan pakian tipis saat demam
- Untuk meredakan demam maka basuhlah tubuh Anda dengan air hangat
- Untuk sementara, hindari minuman dingin / es dan alkohol
- Perbanyak mengkonsumsi air putih

Adapun obat yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan panas demam ini adalah sebagai berikut :

1. Acetaminopen
Kamu bisa mengkonsumsi obat ini untuk mengobati demam. Khasiatnya yaitu mampu meredakan nyeri serta meringankan gejala demam seperti sakit kepala, sakit gigi ataupun nyeri punggung. Perlu Anda ketahui, biasanya obat ini tidak dikonsumsi lebih dari 3 hari untuk menangani demam. Apabila sudah lebih dari tiga hari demam Anda tidak kunjung sembuh maka hubungi dokter. Oh iya, jangan berikan Acetaminopen dewasa untuk anak-anak.

2. Ibuprofen
Kemudian ada ibuprofen yang juga direkomendasikan sebagai obat penurun panas. Ibuprofen sudah umum digunakan, kita bisa mendapatkannya di apotik. Adapun manfaat ibuprofen ini bukan saja bisa membantu menurunkan panas demam tetapi juga bermanfaat sebagai pereda nyeri saat sakit gigi, sakit kepala dan obat batuk pilek atau flu. Mengenai aturan konsumsinya, Anda bisa melihat pada kemasan.

3. Aspirin
Kemudian yang terakhir ada aspirin. Aspirin bermanfaat membantu menurunkan demam serta nyeri ringan hingga sedang. Selain itu, aspirin juga bisa menyembuhkan pilek, sakit gigi dan sakit kepala. Dalam dosis rendah aspirin mampu mencegah pengumpalan darah ( biasanya terjadi setelah prosedur operasi ).

Obat Demam Alami


Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan, Anda juga bisa menggunakan cara alami untuk menurunkan demam. Cara alami sangat cocok untuk Anda yang takut atau malas minum obat. Obat penurun demam alami tentunya sangat aman baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

1. Kunyit
Kamu pasti sudah tahu dengan bumbu dapur yang satu ini. Kunyit memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang terdapat pada kunyit memiliki manfaat sebagai antibakteri, antioksidan serta anti-inflamasi. Selain itu, mengkonsumsi ramuan kunyit juga bisa membuat daya tahan tubuh Anda meningkat.

Berikut bagaimana cara membuat ramuan kunyit untuk mengatasi demam. Siapkan kunyit sebanyak 10 gram, kemudian cuci dan parut. Tambahkan segelas air hangat, setelah itu diamkan sebentar. Apabila sudah agak dingin maka selanjutnya peras dan ambil sari kunyit, masukan sari kunyit kedalam gelas.

Tambahkan setengah sendok makan perasan air jeruk nipis dan 2 sendok makan madu bunga kapuk, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Bagi ramuan menjadi 3 untuk di minum 3 kali sehari yakni pagi, siang dan malam.

2. Teh Jahe
Kemudian selain kunyit, Anda juga bisa mengkonsumsi teh jahe untuk mengobati demam. Teh jahe sangat cocok untuk Anda yang merasa kedinginan, dimana rasa hangat dari jahe akan membuat Anda menjadi berkeringat saat demam. Hal ini akan sangat membantu meringankan dan mengendaikan demam.

Cara membuat teh jahe ini cukup mudah kok, siapkan jahe kira-kira 50 gr dan kemudian rebus dengan tiga gelas air putih. Biarkan hingga mendidih, setelah itu saring dan masukan air rebusan jahe pada gelas. Anda bisa menambahkan satu sendok madu agar rasa teh jahe Anda sedikit lebih enak. Setelah itu silahkan diminum.

3. Mengkonsumsi Banyak Air Putih
Selanjutnya obat demam alami adalah dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter sehari. Hal ini bertujuan agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi saat demam. Mudah-mudahan dengan asupan air putih yang terpenuhi maka tubuh akan menjadi lebih cepat sehat.

4. Sup Hangat
Boleh percaya atau tidak, salah satu cara terbaik untuk meredakan demam secara alami adalah dengan mengkonsumsi sup hangat. Disarankan mengkonsumsi sup ayam hangat ketika sedang demam, dimana hal ini dipercaya mampu membantu mengurangi pembengkakan pada area hidup dan membuat demam Anda menjadi cepat sembuh.

5. Perbanyak Istirahat
Biarlah tubuh Anda istirahat sejenak. Ketika kita tidur atau istirahat tubuh akan bekerja dan mengeluarkan kemampuannya untuk menyembuhkan dari dalam. Dengan banyak istirahat maka Anda akan sehat lebih cepat.

Itu saja sedikit tips bagaimana cara mengatasi demam pada anak-anak maupun orang dewasa. Dengan penanganan yang tepat maka demam Anda akan menjadi lebih cepat sembuh. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Jika dirasa memang bermanfaat maka jangan segan-segan untuk membagikan artikel ini. Terima kasih buat kalian yang mau share, semoga menjadi amal kebaikan. Jika ingin mendapatkan Tips Kecantikan dan Kesehatan terbaru lainnya maka silahkan kunjungi Tips Keken

Share this :

Previous
Next Post »