Inilah Daftar Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Terbaik

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi sangatlah penting, apalagi bagi anak-anak di usia pertumbuhan. Asupan kalsium harian yang terpenuhi akan membuat tulang dan gigi mereka menjadi lebih kuat. Sebaliknya, apabila mereka kekurangan asupan kalsium maka akan menyebabkan pertumbuhan tubuh mereka kurang optimal dan rentan terkena penyakit osteoporosis.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kalsium tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, kalsium didapatkan dari makanan. Mungkin selama ini beberapa diantara kita mengira jika sumber kalsium hanya ada pada susu. Jika Anda berpikiran begitu maka itu salah besar, sebenarnya ada begitu banyak daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu.

Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi


Berikut dibawah ini kita akan membahas apa saja sih makanan yang memiliki kandungan kalsium. Yuk langsung saja disimak !

Makanan Tinggi Kalsium


1. Ikan Sarden
Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan sarden. Ikan sarden ini bisa dengan mudah kita dapatkan karena begitu banyak dijual dipasaran, ada yang kaleng kecil dan ada yang kaleng besar. Nah, tahukah Anda bahwa didalam satu kaleng ikan sarden ukuran 100 gram ( 4 ekor ikan ) ternyata memiliki kandungan kalsium sebanyak 410 mg. Silahkan konsumsi ikan sarden karena makanan ini mengandung kalsium yang cukup tinggi.

2. Tahu
Kebangetan jika kalian tidak mengetahui makanan yang satu ini. Tahu adalah makanan yang cukup familiar di kalangan masyarakat kita. Harganya yang murah meriah, enak dan bisa dijadikan cemilan membuat tahu digemari oleh kebanyakan masyarakat kita. Dalam 100 gram tahu terdapat 500 mg kalsium lho.

Jadi bagi Anda yang tidak suka minum susu maka bisa menggantinya dengan Tahu karena kandungan kalsium pada makanan yang satu ini juga tak kalah tinggi dibanding susu.

3. Jus Jeruk
Apakah disini ada yang suka dengan jus jeruk ? selain enak dan menyegarkan ternyata jus jeruk mengandung kalsium tinggi lho. Dalam 250 ml jus jeruk terdapat 300 mg kalsium.

4. Susu Kedelai
Susu kedelai bisa menjadi alternatif buat Anda yang tidak suka dengan susu hewani. Susu kedelai memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, bahkan didalam 200 ml susu kedelai terkandung 240 mg kalsium. Kandungan kalsium pada susu kedelai bisa dikatakan cukup tinggi, tidak kalah dengan susu sapi.

5. Sayuran Keciwis
Keciwis adalah salah satu sayuran yang tinggi kalsium. Bagaimana tidak, secangkir sayuran keciwis diketahui mengandung 268 mg kalsium.

6. Bayam
Selain keciwis, sayuran tinggi kalsium lainnya adalah bayam. Sayuran kesukaan si “popaye” ini sangat mudah untuk kita dapatkan. Harganya juga tidak terlalu mahal, bahkan mungkin ada beberapa orang yang menanam sendiri bayam di dekat rumahnya sehingga tinggal petik saja tanpa membeli. Sekedar informasi, ternyata didalam 100 gr bayam terdapat 150 mg kandungan kalsium.

7. Brokoli
Tidak ketinggalan juga ada brokoli, dimana sayuran yang satu ini juga memiliki kandungan kalsium. Jika Anda mengkonsumsi sayuran brokoli ini sebanyak 50 gr saja dalam sehari maka Anda sudah mendapatkan asupan kalsium sebanyak 30 mg.

8. Ikan Salmon
Ikan salmon sudah diketahui sejak dulu mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan jika rutin mengkonsumsi ikan salmon maka bisa membuat otak tetap terjaga kesehatannya. Nah, selain mengandung vitamin ternyata ikan salmon juga mengandung kalsium. Didalam 6 ons ikan salmon terdapat 181 mg kalsium.

9. Kacang Panggang
Kemudian sumber kalsium terbaik juga ada pada kacang panggang. Bayangkan saja, didalam 200 gr kacang panggang terdapat 100 mg kalsium. Bagaimana, cukup tinggi bukan ?

10. Biji Wijen
Siapa sangka jika biji wijen ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi. Makanan yang biasanya digunakan hanya untuk taburan roti atau pelengkap hidangan saja justru malah memiliki kandungan kalsium sebanyak 160 mg per satu sendok makan

11. Susu
Semua orang sudah tahu jika susu tinggi akan kalsium. Setidaknya didalam 200 ml susu ( jenis apapun) terdapat 240 mg kalsium. So, jangan malas untuk minum susu karena begitu banyak manfaat yang akan Anda dapatkan.

12. Keju Cheddar
Keju juga bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda karena didalam 30 gr keju cheddar mengandung 216 mg kalsium.

13. Es Krim
Kemudian yang terakhir ada es krim. Kandungan kalsium pada es krim memang tidak terlalu tinggi yaitu 60 gr ( satu sendok) es krim mengandung kalsium sebanyak 78 mg. Namun sangat tidak disarankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi es krim karena nanti bisa membuat Anda menjadi demam.

Manfaat Kalsium Untuk Tubuh


Setelah Anda mengetahui apa saja makanan yang mengandung kalsium tinggi maka saatnya kita membahas apa saja manfaat kalsium untuk tubuh. Simak saja selengkapnya dibawah ini :

1. Membuat Tinggi Badan Optimal
Inilah kenapa anak-anak sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan tinggi badan si anak. Anak-anak yang terpenuhi asupan kalsiumnya maka biasanya tinggi badan mereka jauh meninggalkan anak-anak yang kuran asupan kalsium.

2. Mencegah Penyakit Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit keropos tulang. Ada beberapa faktor penyebab osteoporosis ini tetapi penyebab utamnya adalah karena akibat kekurangan kalsium. Nah, apabila Anda ingin terhindar dari penyakit ini maka pastikan bahwa asupan kalsium harian Anda terpenuhi. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung kalsium.

3. Menjaga Kesehatan Gigi
Kemudian manfaat kalsium yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Apabila asupan kalsium didalam tubuh kita terpenuhi maka kesehatan gigi Anda akan tetap terjaga, Anda akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi dan gusi.

4. Melancarkan Fungsi Otak
Kalsium memiliki peran penting untuk mencerdaskan Anda. Pastikan bahwa asupan kalsium didalam tubuh Anda terpenuhi, dengan begitu maka otak akan bisa bekerja secara optimal.

5. Melindungi dari Berbagai Penyakit
Manfaat kalsium untuk tubuh yang terakhir yaitu melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit mematikan. Seseorang yang asupan kalsiumnya terpenuhi maka biasanya kekebalan tubuh mereka meningkat. Hal ini tentu saja akan membuat kita menjadi terlindungi, virus yang masuk kedalam tubuh akan segera dimatikan oleh sistem imun kita.

Itulah sedikit pembahasan mengenai apa saja makanan yang mengandung kalsium tinggi serta manfaat kalsium itu sendiri buat tubuh kita. Perlu Anda ketahui, ada baiknya Anda menghindari makanan cepat saji yang tinggi garam, alcohol, merokok, mengkonsumsi minuman bersoda dan bahkan hanya mengkonsumsi makanan tinggi protein. Hal ini dapat membuat tubuh banyak kehilangan simpanan kalsium karena meningkatnya pengeluaran urin

Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda. JIka tidak keberatan maka silahkan di share agar lebih banyak lagi orang yang mendapat kebaikan dari artikel ini. Jika Anda ingin mendapatkan tips terbaru lainnya tentang kesehatan ataupun kecantikan maka silahkan kunjungi Tips Keken.

Share this :

Previous
Next Post »