Obat Batuk Pilek Yang Paling Ampuh Dan Aman

Obat batuk pilek sangatlah banyak dijual di apotik, bahkan kita bisa dengan mudah menemukannya di warung-warung terdekat. Tinggal kita saja yang harus jeli serta pintar-pintar memilih mana obat yang paling ampuh dan manjur. Serta memilih obat yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Batuk pilek sebenarnya adalah merupakan salah satu penyakit yang memang sangat umum menyerang masyarakat kita. Apalagi ketika cuaca sedang tidak menentu dan ditambah dengan pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat maka akan sangat mudah sekali bagi kita terserang penyakit batuk pilek ini.

Obat Batuk Pilek


Biasanya pertama-tama kita akan mengalami sakit pilek terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan beberapa gejala seperti hidung tersumbat, sering bersin, badan tidak enak, pernapasan tidak lancar dan bahkan juga menyebabkan kita sering batuk. Walaupun sebenarnya cukup dengan istirahat dan dalam beberapa hari kedepan pilek akan sembuh dengan sendirinya tetapi kita tidak boleh mengabaikannya karena tentunya akan sangat mengganggu aktivitas.

Menurut ahli kesehatan setidaknya butuh waktu satu minggu untuk tubuh bisa pulih dengan sendiri dari serangan virus penyebab sakit pilek ini. Tentu saja ini waktu yang cukup lama, sehingga tidak heran apabila kebanyakan orang lebih memilih mengkonsumsi obat batuk pilek agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan cepat. Karena seperti yang kita ketahui meskipun sakit pilek ini sesuatu yang sepele tetapi apabila disertai dengan batuk maka akan menjadi sangat mengganggu.

Anda pasti tidak mau bukan, batuk pilek mengganggu aktivitas harian Anda ? nah maka dari itu yuk kita simak saja selengkapnya dibawah ini bagaimana cara mengatasi batuk pilek mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Obat Batuk Pilek Dewasa


Orang-orang yang sudah dewasa sering kali memiliki cara tersendiri untuk mengobati sakit batuk pilek yang mereka derita. Ada beberapa orang yang lebih suka menggunakan obat tradisional dan ada juga sebagian lagi yang memilih mengkonsumsi obat yang dibeli di apotik atau obat dari resep dokter.

Adapun obat batuk pilek tradisional adalah seperti mengoleskan balsem pada bagian tubuh tertentu atau mengkonsumsi minuman hangat. Jika Anda tidak keberatan maka Anda bisa membuat obat batuk pilek dengan menggunakan ramuan jahe.

Caranya, ambil sebanyak 3 potong jahe dan kemudian bersihkan. Tumbuk jahe tersebut, lalu rebus dengan 2 gelas air putih. Biarkan hingga air rebusan jahe menjadi satu gelas, setelah menjadi satu gelas silahkan saring dan masukan air rebusan jahe pada gelas. Tambahkan dengan satu sendok madu serta sedikit seja merica bubuk dan kemudian aduk-aduk hingga semua bahan larut.

Silahkan dikonsumsi ketika air rebusan jahe tersebut masih hangat-hangat kuku. Kandungan yang terdapat pada jahe akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu menyingkirkan virus penyebab influenza atau pilek.

Selain dengan cara alami diatas, Anda juga bisa membeli obat batuk pilek di apotik. Ada begitu banyak merk obat batuk pilek diapotik, jadi Anda silahkan pilih yang paling cocok buat Anda. Namun kalau boleh menyarankan, obat batuk pilek yang aman dan bagus adalah bodrex flu & batuk.

Bodrex flu & batuk bisa menjadi pilihan utama buat kamu yang ingin segera cepat sembuh. Kandungan parasetamol, pseudoephedrine HCl, dextromethorphan sangat efektif didalam meredakan sakit pilek, demam, hidung tersumbat, sakit kepala dan batuk.

Obat Batuk Pilek Anak dan Bayi


Tentu saja ada perbedaan antara orang dewasa dan anak-anak. Kita tidak bisa memberikan obat batuk pilek dewasa untuk anak-anak dan bayi. Ada obat sendiri khusus untuk batuk pilek pada anak-anak dan bayi. Adapun obat batuk alami untuk anak-anak dengan menggunakan campuran lemon dan madu. Kombinasi lemon dan madu akan sangat membantu didalam melegakan tenggorokan anak dan mengatasi infeksi.

Caranya yaitu, tambahkan satu sendok madu dan satu sendok perasan air lemon kedalam satu gelas air hangat. Kemudian suruh anak Anda mengkonsumsi air tersebut. Insyallah obat alami ini sangat membantu didalam meredakan batuk pilek. Sangat tidak disarankan memberikan obat batuk pilek sembarangan pada anak-anak, jika dirasa tidak juga kunjung sembuh maka silahkan konsultasikan kepada dokter. Nanti dokter akan memberikan resep obat batuk pilek untuk anak Anda.

Apabila batuk pilek ini menimpa anak usia dibawah 1 tahun atau pada bayi Anda maka langkah pengobatan yang bisa Anda ambil yaitu dengan cara memijat bayi tersebut dengan minyak telon atau dengan menggunakan bawang merah. Hal ini akan sangat membantu didalam melancarkan dan melegakan pernafasan si bayi, sehingga bayi menjadi lebih nyaman. Jangan pernah sesekali memberikan obat batuk pilek sembarangan pada bayi Anda tanpa resep dari dokter.

Obat Batuk Pilek Untuk Ibu Hamil


Nah, sekarang kita membahas obat batuk pilek untuk ibu hamil. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan karena bisa membahayakan kesehatan janin yang ada didalam perutnya. Maka dari itu apabila ada ibu-ibu hamil yang sedang mengalami batuk pilek maka cobalah diatasi dengan cara alami berikut ini.

1. Perbanyakak Istirahat
Pilek sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa mengkonsumsi obat. Untuk itu maka perbanyaklah waktu istirahat Anda agar imunitas tubuh kembali meningkat sehingga proses penyembuhan batuk dan pilek bisa cepat.

2. Konsumsi Air Putih Cukup
Air putih sangat penting untuk tubuh kita, maka dari itu jangan pernah malas untuk mengkonsumsi air putih cukup setiap hari. Setidaknya kita dianjurkan mengkonsumsi delapan gelas air putih didalam satu hari. Apabila kita mengkonsumsi air putih cukup setiap hari maka metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik. Konsumsilah air hangat untuk membantu meredakan batuk pilek ketika Anda sedang hamil.

3. Penguapan
Metode penguapan juga bisa menjadi alternative didalam meredakan batuk pilek bagi ibu hamil. Caranya sangat simpel sekali yaitu Anda cukup masukan air panas kedalam sebuah wadah atau mangkuk dan kemudian dekatkan wajah Anda pada mangkuk yang berisi air panas tadi. Jangan lupa juga tutup kepala Anda dengan handuk. Ini dapat membantu melancarkan pernapasan Anda akibat batuk pilek.

Mungkin itu saja beberapa tips bagaimana cara mengatasi batuk pilek untuk ibu hamil. Sekali lagi jangan pernah mengkonsumsi obat batuk pilek secara sembarangan ketika sedang hamil, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin mengkonsumsi obat-obatan.

Apabila dirasa informasi ini bermanfaat maka silahkan bagikan artikel ini. Dengan membagikan artikel obat batuk pilek ini maka itu sudah menjadi satu kebaikan buat Anda. Bukankah berbagi sesuatu yang bermanfaat membuat kita mendapatkan pahala.

Untuk mendapatkan tips kecantikan dan kesehatan terbaru lainnya maka silahkan kunjungi Tips Keken.

Share this :

First