11 Obat Sakit Pinggang Paling Mujarab dan Aman

Obat sakit pinggang bisa dibuat sendiri dirumah menggunakan bahan-bahan alami. Namun apabila Anda merasa repot untuk membuat obat sakit pinggang alami sendiri di rumah maka silahkan beli saja obat sakit pinggang di apotik terdekat. Biasanya akan Anda temui banyak sekali berbagai macam merk obat sakit pinggang, mulai dari yang berbentuk tablet, krim hinga yang berbentuk koyo ( koyo tempel).

Tetapi satu hal yang mesti Anda ketahui, ada baiknya jika Anda tidak terlalu terburu-buru membeli obat sakit pinggang. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab sakit pinggang tersebut. Apakah sakit pinggang yang Anda alami tidak terlalu sakit tetapi bertahan lama hingga 12 minggu atau sakit pinggang yang Anda alami lebih sakit (kronis) sehingga menyebabkan rasa nyeri yang teramat sangat, sampai-sampai membuat Anda tidak bisa bergerak.

Obat Sakit Pinggang


Penyebab Sakit Pinggang


Sebelum membahas apa saja obat sakit pinggang maka tidak ada salahnya apabila terlebih dahulu kita mengetahui apa saja hal-hal yang menyebabkan seseorang bisa terkena sakit pinggang

1. Keseleo
Penyebab sakit pinggang yang pertama adalah karena keseleo atau otot terkilir. Kalian tidak boleh meremehkan pinggang yang keseleo karena bisa dikatakan jika ini bisa menyebabkan sakit pinggang yang akut. Adapun penyebab keseleo ini adalah dikarenakan kebiasaan Anda yang selalu mengangkat barang berat, mengangkat barang dengan posisi yang tidak tepat, memutar tubuh atau juga bisa dikarenakan berlebihan didalam melakukan peregangan.

2. Kelainan Pada Tulang Belakang
Beberapa orang mengalami kelainan pada tulang belakang mereka seperti tulang belakang kifosis atau lordosis. Bagi mereka yang mengalami kelainan seperti ini, apalagi bawaan sejak pertama kali lahir maka bisa menyebabkan sakit pinggang kambuhan di usia pertengahan.

3. Trauma
Kemudian trauma juga bisa menjadi penyebab mengapa seseorang sering sekali mengalami sakit pinggang. Ligamen, tendon dan otot terluka dikarenakan cedera ketika berolahraga, kecelakaan mobil atau bisa juga dikarenakan akibat jatuh dari ketinggian.

4. Adanya Penyakit
Adanya suatu penyakit juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang lho. Adapun penyakit yang bisa menyebabkan sakit pinggang adalah batu ginjal, infeksi saluran kemih, radang kalenjer prostat, keguguran, obesitast dan osteoporosis.

Obat Sakit Pinggang di Apotik


1. Paracetamol
Paracetamol bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotik. Harganya tidak terlalu mahal, namun lumayan ampuh didalam meringankan sakit pinggang. Fungsinya untuk meredakan rasa nyeri pada pinggang Anda. Ikuti aturan minumnya, biasanya tertera pada label atau bungkusnya.

2. Ibuprofen
Ibuprofen termasuk kedalam golongan non-steroid anti-inflammantory drugs (NSAID). Obat ini sangat direkomendasikan karena lebih efektif didalam meredakan sakit pinggang. Oh iya, selain bisa membantu menghilangkan sakit pinggang, ibuprofen juga sering kali dipakai sebagai obat penurun panas ( obat demam )

3. Kodein
Kemudian obat sakit pinggang yang selanjutnya adalah kodein. Anda tidak boleh mengkonsumsi obat ini secara sembarangan, kodein memiliki dosis lebih tinggi dibandingkan ibuprofen. Ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu karena obat ini harus dengan resep dokter.

4. Koyo
Anda semua pasti sudah tau dengan koyo. Koyo adalah salah satu obat sakit pinggang yang paling banyak digunakan. Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan koyo karena memang di apotik sangat banyak sekali yang menjual koyo tempel ini.

5. Krim
Kemudian ada juga obat sakit pinggang yang berbentuk krim. Ada begitu banyak krim pereda sakit pinggang yang dijual di apotik, salah satunya adalah voltaren.

Obat Sakit Pinggang Tradisional dan Alami


1. Ayo Bergerak Jangan Malas
Salah satu cara alami yang paling mudah dan murah untuk mengobati sakit pinggang adalah dengan bergerak. Dengan rajin bergerak seperti jalan santai dipagi hari akan sangat membantu mengurangi sakit pinggang Anda. Jangan dimanja-manjain, semakin Anda tidak bergerak dan hanya tiduran saja maka akan semakin lama sembuh sakit pinggang Anda.

2. Melakukan Olahraga
Olahraga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, olahraga tertentu seperti berenang dan yoga dipercaya mampu membantu menyembuhkan sakit pinggang. Olahraga bisa menjadi obat sakit pinggang alami buat Anda.

3. Terapi
Kemudian Anda bisa memilih terapi untuk mengobati sakit pinggang yang tidak kunjung sembuh padahal sudah lebih dari 6 minggu. Kunjungi dokter yang paling Anda percayai, kemudian lakukanlah terapi fisioterapi, akupuntur atau chiropractic. Apabila nanti pada saat terapi ternyata dokter menemukan ada penyakit pada organ dalam tubuh Anda maka segeralah secepat mungkin mengambil tindakan sesuai saran dokter.

4. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih
Air putih juga bisa menjadi penawar untuk sakit pinggang Anda. Apalagi bagi Anda yang setiap hari kerjaannya duduk maka memperbanyak mengkonsumsi air putih adalah salah satu solusi terbaik untuk mencegah agar Anda tidak mengalami sakit pinggang. So, jangan lupa minum setidaknya 2,5 liter air putih setiap hari

5. Bawang Putih
Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat pereda nyeri pinggang. Berikut bagaimana cara membuat ramuan tradisional obat sakit pinggang dari bawang putih.

Siapkan bahan-bahannya seperti 200 ml susu organik murni, 4 siung bawang putih segar dan beberapa sendok madu organik. Jika semua bahan sudah siap maka saatnya kita membuat ramuan obat sakit pinggang tradisional dengan menggunakan bawang putih.

Lumatkan bawang putih, masukan kedalam panci kecil. Masak dengan api kecil, sambil memasak bawang putih maka secara perlahan masukan susu. Biarkan selama beberapa menit hingga mendidih, kemudian setelah itu angkat dan disaring sebelum memasukan kedalam gelas. Tambahkan dengan satu sendok madu. Ramuan siap untuk diminum.

6. Operasi
Operasi adalah langkah terakhir yang bisa Anda ambil. Semua cara sudah Anda lakukan tetapi masalah sakit pinggang tetap saja menghantui dan membuat aktivitas Anda terganggu maka operasi bisa menjadi solusi terbaik untuk mengobati sakit pinggang Anda.

Itulah obat sakit pinggang yang paling mujarab dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda dan membantu mengobati sakit pinggang Anda.

Jika tidak keberatan silahkan di share kepada teman Anda, mudah-mudahan menjadi amal kebaikan buat Anda karena telah berbagi sesuatu yang bermanfaat. Untuk mendapatkan tips lainnya maka silahkan kunjungi Tips Keken. Terima kasih :D

Share this :

Previous
Next Post »