12 Sayuran Untuk Ibu Hamil Yang Paling Aman di Konsumsi

Saat memasuki masa kehamilan maka kita tidak bisa mengkonsumsi makanan secara sembarangan seperti layaknya kita sebelum hamil. Karena apabila kita salah sedikit saja didalam mengkonsumsi makanan pada saat sedang hamil maka sangat beresiko untuk kesehatan janin yang ada didalam perut Anda. Resiko terbesar yang paling dikhawatirkan adalah keguguran.

Maka dari itu sangat penting buat Anda para ibu hamil mengetahui jenis makanan apa saja yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi pada saat kita sedang hamil. Dengan begitu maka kita bisa tetap sehat selama masa kehamilan dan janin yang ada didalam kandungan bisa tumbuh dengan sempurna. Sehingga ketika melahirkan nanti Anda akan mendapatkan anak yang sehat dan pintar.

Sayuran Untuk Ibu Hamil


Nah, ngomong-ngomong soal makanan ibu hamil maka berikut dibawah ini ada beberapa jenis sayuran terbaik untuk ibu hamil. Yuk kita intips selengkapnya dibawah ini !


Sayuran Untuk Ibu Hamil


1. Sayuran Berdaun Hijau
Semua sayuran yang berdaun hijau sangat baik untuk dikonsumi oleh ibu hamil. Sayuran hijau yang dimaksud adalah seperti bayam, kangkung ataupun kale. Sayuran-sayuran tersebut mengandung betakaroten lutein, dimana akan sangat bermanfaat didalam membantu mencegah komplikasi selama masa kehamilan. Selain itu, berguna juga untuk menambah daya tahan tubuh

2. Wortel
Kemudian sayuran terbaik selanjutnya untuk ibu hamil adalah wortel. Wortel kaya akan vitamin A, dimana ini sangat baik untuk kesehatan mata serta organ hati. Untuk bunda yang hampir mendekati hari persalinan maka sangat diwajibkan untuk banyak mengkonsumsi wortel. Hal ini dikarenakan wortel juga bisa mendongkrak produksi ASI bunda.

Namun jangan terlalu berlebihdan juga ya bunda didalam mengkonsumsi wortel ini. Meskipun memliki banyak sekali manfaat untuk ibu hamil tetapi apabila terlalu kebanyakan juga tidak bagus untuk kesehatan janin.

3. Buncis
Bunda yang suka dengan sayuran buncis maka juga bisa mengkonsumsi makanan ini ketika sedang hamil. Ternyata sayuran buncis sangat bagus untuk ibu hamil, kandungan vitamin K pada buncis mampu mencegah konstipasi dan sakit kepala selama masa kehamilan. Selain itu, vitamin K juga bagus untuk kesehatan tulang kita.

4. Brokoli
Brokoli juga masuk dalam daftar sayuran terbaik untuk ibu hamil. Walaupun brokoli bisa membuat lambung kita dipenuhi gas tetapi Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan brokoli kaya akan kalsium serta asam folat, dimana zat tersebut sangat bagus untuk perkembangan sel saraf janin.

5. Bayam
Makanan “popaye” yang satu ini juga bisa bunda konsumsi saat sedang hamil. Kandungan gizi yang terdapat pada bayam sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan seperti asam folat, kalsium, serat, mangan, potasium, zat besi, dan ragam vitamin penting lainnya bisa menghindari cacat bawaan pada bayi Anda.

6. Ubi Manis
Makanan kampung yang satu ini juga sangat direkomendasikan buat ibu hamil. Ubi manis mengandung vitamin A, potassium dan serat yang sangat bagus untuk ibu hamil. Selain bisa menghindari konstipasi pada ibu hamil, ubi manis juga bermanfaat untuk mempersiapkan ibu sebelum memasuki fase menyusui.

7. Tomat
Tomat kaya akan vitamin C dan zat besi sehingga sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C dan zat besi pada tomat bisa mencegah kerusakan sel pada ibu hamil. Selain itu, juga bisa membantu agar ibu hamil tidak mengalami anemia

8. Paprika
Sayuran ini dipilh karena kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Bahkan kandungan vitamin C pada paprika lebih tinggi dibandingkan jeruk. Namun sayangnya masyarakat kita belum terlalu mengenal sayuran ini sehingga sangat jarang orang yang mengkonsumsinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C berguna untuk membantu memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh kita. Selain itu, peran penting vitamin C  lainnya adalah membantu mempercepat proses penyerapan zat besi oleh tubuh. Jadi, sangat penting untuk memasukan paprika kedalam menu makanan Anda pada saat masa kehamilan.

9. Asparagus
Sayuran untuk ibu hamil selanjutnya adalah asparagus. Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rajin mengkonsumsi sayuran renyah yang satu ini. Kandungan vitamin serta asam folat pada asparagus akan sangat membantu didalam menjaga kesehatan janin Anda.

Namun ketika Anda ingin mengkonsumsi asparagus maka pastikan Anda mencuci bersih terlebih dahulu sayuran yang satu ini. Asparagus bisa menjadi sarang parasit dan bakteri berbahaya, dimana bisa menimbulkan toksoplasma.

10. Sayuran Putih
Sayuran putih juga sangat bagus untuk ibu hamil. Sayuran putih ini terdiri dari sawi, kubis atau kembang kol. Sayuran ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang sering mengalami pusing akibat darah rendah.  Kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran berwarna putih ini akan menjaga peredaran darah agar tetap lancar. Sekaligus menghindari ibu hamil dari anemia (penyakit kurang darah).

11. Daun Katuk
Mengkonsumsi daun katuk selama masa kehamilan akan sangat menguntungkan buat Anda. Daun katuk akan membuat produksi ASI Anda berlimpah.

12. Bit
Kemudian yang terakhir yaitu bit. Sayuran bit mengandung asam folat, vitamin C dan zat besi yang mana sangat bagus untuk pencernaan serta mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh ibu hamil. Selain itu, sayuran bit juga mampu memurnikan darah pada ibu hamil dan melindungi janin agar tidak lahir cacat.


Itulah 12 sayuran untuk ibu hamil yang paling aman untuk dikonsumsi. Sekedar tambahan, jika Anda ingin mengkonsumsi sayuran maka pastikan bahwa sebelum memasak sayuran, Anda wajib mencuci sayuran hingga benar-benar bersih. Selain itu, kalau bisa pilihlah sayuran organik karena bebas peptisida.

Semoga artikel diatas bermanfaat buat Anda semua. Silahkan share sebanyak mungkin agar para wanita hamil lainnya juga mengetahui informasi ini. Jika Anda ingin mendapatkan tips kecantikan dan kesehatan terbaru maka silahkan kunjungi Tips Keken.

Share this :

Previous
Next Post »