Cara Mengatasi Kram Perut Paling Manjur dan Aman

Kram perut bisa menyerang siapa saja baik itu pria ataupun wanita, bahkan menurut pengalaman aku sendiri terkadang hal ini justru datang secara tiba-tiba. Apalagi jikalau sedang dalam masa haid, rasa nyeri serta kram pada perut akan semakin menjadi-jadi. Selain saat haid, kram perut juga bisa disebabkan oleh karena sakit maag ataupun juga disebabkan oleh karena olahraga sit up. 

Cara Mengatasi Kram Perut


Apa Itu Kram Perut 

Kram perut adalah suatu keadaaan di mana orang yang sedang menderita kram pada perutnya akan merasakan nyeri atau sakit tidak tertahankan pada bagian perutnya, terkadang bisa juga pada bagian perut bawah. Rasa sakit yang dirasa oleh si penderita biasanya seperti sakit melilit, perut terasa kaku dan perut seperti sedang diremas-remas. 

Oh iya apabila kamu pergi kedokter maka biasanya dalam dunia medis, para dokter menyebut kondisi ini yaitu dengan sebutan colic abdomen. 

Kram perut memang bukan penyakit mematikan tetapi kita tetap harus mewaspadai penyakit ini dan tidak boleh dibiarkan. Karena pada beberapa kasus ditemukan bahwa ada beberapa orang yang mengalami kram perut normal dan kram perut yang tidak normal.

Namun Anda tidak perlu khawatir berlebihan, jika tiba-tiba Anda mengalami kram pada perut yaitu nyeri seperti melilit dan meremas pada perut maka cobalah terlebih dahulu kita gunakan cara berikut ini untuk mengatasinya. Tenang, cara mengatasi kram perut dibawah ini bisa dikatakan cukup ampuh kok. 

Tetapi apabila cara dibawah ini tidak juga bisa mengatasi masalah kram perut yang Anda alami maka cobalah konsultasikan pada dokter untuk mencari tahu penyebabnya sehingga dapat diberikan obat yang tepat 

Yuk langsung saja simak selengkapnya dibawah ini !

Cara Mengatasi Kram Perut


1. Pijatan Lembut

Mengatasi kram perut dengan pijatan lembut bisa dikatakan cukup ampuh didalam meredakan rasa nyeri yang Anda derita. Dulu ketika temanku mengalami kram perut saat haid, sering kali melakukan cara ini dan ajaibnya rasa nyeri yang Ia rasakan bisa berkurang.

Mintalah bantuan pasangan Anda untuk melakukan pijatan lembut penuh kasih sayang, fokuskan pijatan pada bagian perut yang sakit.

2. Mandi Air Hangat

Untuk mengendurkan otot-otot yang tegang maka Anda bisa mencoba dengan mandi air hangat. Mandi air hangat juga bisa membantu melancarkan aliran darah pada daerah panggul Anda sehingga otot-otot penyebab kram perut bisa rileks.

3. Kompres Air Hangat

Cara tradisional ini masih terus menjadi andalan hingga sampai saat ini. Cukup masukan air hangat kedalam botol, kemudian kita berbaring. Tempelkan botol berisi air hangat tersebut pada bagian perut yang sakit. Cara ini bisa dikatakan cukup ampuh didalam meredakan rasa nyeri akibat kram perut. 

4. Minum Ramuan Jahe 

Obat kram perut yang juga bisa diandalkan yaitu ramuan jahe. Anda bisa mencoba membuat minuman wedang jahe sendiri dirumah. Jahe selain membantu menghangatkan tubuh, juga bisa membantu meredakan nyeri kram pada perut Anda. Untuk cara membuat wedang jahe yang enak dan nikmat Anda bisa mencari resepnya di google atau tanya sama si mbah.

5. Konsumsi Air Putih

Ketika tiba-tiba kram perut melanda maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah cobalah untuk mengkonsumsi air putih. Hindari mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi karena itu hanya akan membuat rasa nyeri semakin menjadi. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari.

6. Obat Pereda Nyeri

Jika tips diatas belum juga membantu maka Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual dipasaran. Perhatikan, jika kram perut yang Anda alami di akibatkan oleh karena sakit maag maka konsumsilah obat sakit maag. Jika disebabkan karena haid maka minumlah obat pereda nyeri khusus untuk wanita haid. Jadi, Anda jangan asal beli !


Bagaimana, sekarang Anda sudah mengetahui kan bagaimana cara mengatasi kram perut yang aman dan ampuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu buat Anda. Silahkan dibagikan karena membagikan kebaikan sama juga dengan pahala buat Anda. 

Share this :

Previous
Next Post »